5 Manfaat Jangka Panjang Aplikasi Ubuntu pada Komputer Rumah Sakit

5 Manfaat Jangka Panjang Aplikasi Ubuntu pada Komputer Rumah Sakit

Beberapa waktu lalu serangan global virus ransomware jenis WannaCry sempat menghebohkan dunia. Bagaimana tidak, virus ini menyebabkan 16 rumah sakit di Inggris lumpuh dan di Indonesia, RS Dharmais dan Harapan Kita menjadi korban. Sistem antrian dan pembayarannya sementara dilakukan manual. Hal ini sebenarnya dapat dihindari jika sistem operasi komputer tidak hanya menggunakan Windows, tapi juga aplikasi Ubuntu.
Salah satu anjuran pencegahan dari Kemoninfo agar terhindar dari WannaCry yaitu dengan melakukan pembaruan keamanan sistem operasi Windows, melakukan backup data, memasang software antivirus, serta menggunakan komputer lain berbasis Mac OS atau Linux Ubuntu. Nah, aplikasi terakhir anakan Linux ini ternyata memiliki kelebihan dan manfaat lebih baik daripada Windows. Apa saja manfaat itu? Berikut ulasan singkatnya.
  1. Sistem Keamanan Kuat
Jika ingin membuat perubahan ke sistem di Ubuntu, seperti menginstal aplikasi, Anda harus memasukkan sandi, hal ini tidak berlaku di Windows sehingga mampu membentengi eksekusi malware atau virus di dalamnya. Meski masih bisa terkena virus dari internet atau flash drive ketika digunakan secara bergantian, kemungkinannya sangat kecil dan jarang sekali terjadi.
  1. Aplikasi Bawaan Lengkap
Ubuntu Linux ternyata memiliki banyak aplikasi bawaan yang bisa langsung digunakan, seperti LibreOffice dan sudah terinstal browser Mozilla Firefox. Untuk hiburan, ada game bawaan Aisle Riot Solitaire, lalu Thunder Bird Mail untuk mengatur pos-el, pengolah vektor seperti Inkscape, dan Gimp yang berguna dalam editing seperti Photoshop.
  1. Sistem Operasi Lebih Efisien
Windows menangani sistem operasi dan update aplikasi secara terpisah dan berbeda-beda. Sedangkan di Ubuntu, semua dilakukan melalui repositori dan menggunakan update manager yang didedikasikan untuk memperbarui kedua sistem operasi dan semua aplikasi yang terinstal. Karena hanya mengatur update di satu tempat, hal ini membuat proses cepat dan jauh lebih efisien.
  1. Kemudahan System Resource
Untuk memperbaiki efisiensi resource, dibutuhkan versi terbaru Windows agar dapat digunakan dalam sistem. Namun di Ubuntu, hal itu tidak perlu terjadi dan tidak perlu mencari serial number yang fake, crack, cheating license, atau tujuan lain yang serupa. Jika komputer Anda memiliki sumber resource yang kurang, tersedia versi ringan dari Ubuntu Linux, yakni sumber daya kebutuhkan sistem yang ringan.
  1. Bebas dan Gratis Lisensi
Sistem operasi lengkap berbasis Linux ini tersedia secara bebas, gratis 100%, dirilis versi terbaru setiap 6 bulan sekali (setiap rilis didukung 18 bulan untuk pembaruan sistem, keamanan, dan kesalahan/bug), serta mempunyai dukungan dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. Sedangkan untuk membeli Windows 10, dikenakan biaya $ 119,99 (edisi Home) dan $ 199,99 (edisi Professional).
Akses informasi kesehatan yang semakin tinggi menyebabkan tingginya tuntutan kebutuhan kesehatan. Komputerisasi pun sangat dibutuhkan di rumah sakit untuk menghindari redudansi (duplikasi data karena pencatatan berulang lalu filing menumpuk), unintegrated (data tidak sinkron karena penyimpanan data tidak terpusat), human eror (manual), serta terlambatnya informasi. Nah, aplikasi Ubuntu mampu mendukung sistem ini.

Awal kemunculan aplikasi Ubuntu diperuntukkan bagi kepentingan privasi, jadi tidak hanya fasilitas umum pemerintah yang dapat memanfaatkannya, gadget anda pun bisa dan tanpa harus menghapus Windows. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi anda dapat menggunakannya sesuai kebutuhan. Anda juga bisa menyimpan data di Ubuntu sebagai backup data. Mencegah kerusakan lebih baik daripada membenahi bukan? 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Jangka Panjang Aplikasi Ubuntu pada Komputer Rumah Sakit"

Posting Komentar